Tips cara agar sehat saat puasa lebih dari 12 jam

Share on :
1. karbohodrat kompleks



karboidrat kompleks atau makanan yang lambat di cerna tubuh saat sahur akan sangat membantu karna
selama seharian penuh kamu tidak akan memakan atau meminum apapun. makanan yang lambat di cerna seperti , gandum, beras, dan kacang kacangan buah sangat juga di anjurkan untuk di konsumsi secara rutin
a. Pada penderita sakit maag, puasa tetap diperbolehkan. Gejala yang sering dikeluhkan penderita maag antara lain rasa tak nyaman di ulu hati, mual, muntah, kembung, rasa panas di ulu hati, cepat kenyang, & mulut pahit. Serangan dapat datang tiba-tiba & hilang timbul.
Penyakit maag atau dispepsia digolongkan dlm 2 kelompok, yaitu organik & fungsional. Dikatakan organik bila pada endoskopi ditemukan kelainan di kerongkongan, lambung, & usus 12 jari. Fungsional, bila pada endoskopi tak ditemukan kelainan.
Puasa pada dispepsia fungsional dapat meringankan bahkan menyembuhkan penyakit maag-nya. Memang pada hari-hari awal puasa terasa tak nyaman. Seiring dgn berjalannya waktu, pola makan yang cukup & teratur justru membuat kondisi kesehatan penderita maag semakin membaik, biidznillah (dengan seizin Allah).
Sedangkan puasa pada penderita dispepsia organik harus dilihat penyebabnya. Bila ada polip atau tumor, ulkus/luka, perdarahan, nyeri hebat, maka tak diperbolehkan puasa. Pada penderita penyakit maag, sangat dianjurkan utk makan sahur, karena sangat bermanfaat sebagai persiapan puasa. Pada saat berbuka, penderita dianjurkan makan & minum yang manis terlebih dulu. Jangan makan dlm porsi besar, kurangi makanan berlemak & makanan yang merangsang seperti asam atau pedas. Hindari makanan yang banyak mengandung gas seperti buncis, kubis, sawi putih, brokoli, bawang, & telur. Hindari minuman soda, alkohol, & kopi.

b. Pada penderita dgn penyakit ginjal, puasa diperbolehkan bila fungsi ginjal masih baik yaitu derajat 1 & 2 (60-90% ginjal berfungsi). Penderita dgn fungsi ginjal derajat 3 & 4 (15-60% ginjal berfungsi) tak dianjurkan puasa. Sedangkan penderita yang menjalani hemodialisis/cuci darah (derajat 5) tak diperbolehkan.
Sangat dianjurkan bagi penderita penyakit ginjal yang berpuasa utk minum air putih yang cukup agar tak terjadi dehidrasi. Namun demikian, jangan sampai konsumsi cairan berlebih karena bisa menyebabkan sesak napas. Selain itu, kandungan protein pada makanan harus dikurangi agar tak memperberat kerja ginjal. Dan jangan lupa, tetap rutin mengonsumsi obat yang diresepkan dokter serta memeriksakan diri sesuai jadwal yang ditetapkan.
c. Untuk penderita kencing manis (Diabetes Mellitus/DM), puasa diperbolehkan bila kadar gula darahnya terkendali.
  
Waktu yang tepat untuk membuang racun
  1. Tidur merupakan waktu yang sangat tepat dan dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membuang racun. Malam hari merupakan waktu yang paling optimal bagi tubuh untuk membuang racun. Karena keutamaan istirahat pada malam hari tersebut, tidak disarankan untuk tidur terlalu malam atau bangun terlalu siang agar proses pembuangan racun tubuh tidak terganggu.
    • Jam 21.00 – 23.00 : waktu dimana tubuh membuang racun (detoksifikasi) di bagian kelenjar getah bening. Disarankan pada waktu-waktu ini, manusia sebaiknya berada dalam suasana yang tenang dan tidak bekerja agar proses detoksifikasi tersebut lebih optimal.
    • Jam 23.00 – 01.00 : waktu bagi tubuh untuk melakukan detoksifikasi di bagian hati. Kualitas tidur yang baik yaitu nyenyak dan pulas akan mengoptimalkan proses detoksifikasi pada bagian hati.
    • Jam 01.00 – 03.00 : waktu untuk membuang racun di bagian empedu
    • Jam 03.00 – 05.00 : waktu untuk membuang racun di bagian paru-paru. Oleh karena itu, biasanya pada waktu-waktu tersebut akan terjadi batuk hebat bagi pendertia batuk, sehingga tidak disarankan untuk meminum obat batuk agar proses pembersihan kotoran tidak terhalang.
    • 05.00 – 07.00 : waktu bagi tubuh untuk buang air besar (BAB), karena pada waktu-waktu ini sedang terjadi proses detoksifikasi pada bagian usus besar. Jangan menahan-naham BAB karena menahan-nahan justru bisa mengganggu proses pencernaan sehingga menimbulkan masalah sembelit (susah BAB).

0 komentar on Tips cara agar sehat saat puasa lebih dari 12 jam :

Post a Comment and Don't Spam!